Rabu, 24 Agustus 2016

BOLU KUKUS MEKAR TANPA AIR SODA ALA VIVI



Tertarik untuk mencobanya?
Sebenarnya saya sudah membuat ini beberapa kali gagal. Tetapi saya tetap tidak mau menyerah untuk mencobanya, karena waktu pertama kali saya mencoba resepnya ini. Berhasil. Jadi menurut saya resep ini bisa diandalkan.(butuh sedikit modifikasi cara pembuatan)

Saya mendapatkan resep ini dari ibu-ibu yang anaknya itu suka sekali sama bolu kukus mekar ini (biasanya tidak). Kenapa begitu? dikarenakan ada 1 kelebihan dari Bolu Kukus Mekar ini. yaitu TIDAK bau amis.

Ok, kita kembali lagi ke topik pembahasan kita. Jadi waktu saya membuat kue ini untuk yang kedua, ketiga, keempat...... kali (saya uda lupa tepatnya berapa kali, itu bukan masalah.), saya heran salahnya di mana yha? Dan akhirnya dari kegagalan tersebut dan berkat pertualangan di mesin pencarilah saya belajar.
Oke, kita langsung saja ke intinya. INILAH TIPS & TRIKS PEMBUATAN BOLU KUKUS MEKAR TANPA AIR ALA VIVI.


Bahan-bahan :
 300 gr     Tepung Terigu (protein sedang)
 3     butir Telur
 250 gr     Gula pasir
 15   gr     Emulsifier
 10   gr     Tepung Susu
 10   gr     Tepung Custard
 225 ml    Air

Cara membuat:
1.Panaskan terlebih dahulu dandang/tempat kukusan.
2.Campurkan tepung susu, custard dan terigu dalam 1 wadah kemudian. Sisihkan
3. Di wadah lain, kocok Emulsifier + Gula + Telur lebih kurang 2 menit (dengan kecepatan mixer yang tinggi)
4. Kemudian, masukkan tepung tadi kedalam adonan, selang seling dengan air. kira-kira 3 kali selang seling sampai habis. (Tidak perlu nunggu sampai kembang adonannya, kalau sudah 2 menit atau lebih sedikit yah langsung mainkan saja tepung yang sudah disatuin tadi dengan air.)
5. Posisi mixer masih tetap hidup. kocok lagi lebih kurang 5 menit lagi. Pokonya sampai adonan kental. (sebenarnya tidak bisa dipatokkan berapa lama seh, karena setiap kekuatan mixer beda-beda)
6. Setelah itu matikan mixernya dan kemudian masukkan kedalam mangkok cetakan ( nb: masukkannya itu penuh yha. biar perlu sampai mendekati bibir mangkok)
7. Kemudian sebelum di kukus, pastiin dulu kalau tempat kukusannya itu benar-benar sudah panas (mendidih), kemudian di kukus. 
8. Lima belas menit kemudian..... TADAA~~~~  
  (biasanya saya kukus 15 menit, kemudian saya check dengan tusuk gigi).
ada 2 jenis mangkok yang saya gunakan.(kecil dan besar).

Lihat itu yang ada tanda lingkaran merah. itulah hasilnya karena saya tidak taruk sampai full, adonannya. (adonan yang terakhir itu).
  

Saya buat 2 resep, tetapi saya tidak langsung buat sekaligus. saya buatnya satu per satu. 
Ada 1 tips lagi, kalau bisa sekali buat langsung semuanya di kukus, jangan di tunggu-tunggu lagi. nanti takutnya adonnya yang didiamkan tadi berair pula. (hanya mengantisipasi).

Pernah sekali, karena malas menggunakan dandang yang besar, jadi saya gunakan yang dandang kecil. 1 resep itu biasanya sekali kukus di dandang besar. Karena saya menggunakan dandang kecil, jadi saya harus kukus 2 kali. Alhasil adonan yang tadi menunggu untuk dikukus jadi gak mekar. itu seh pengalaman saya.

Ada pertanyaan? kalau tidak ada mohon saran dan kritikkannya yha..Terima kasih

Tahu gak seh kenapa saya semangat sekali untuk bereksperimen bolu kukus ini? Padahal saya gak suka makan kue ini. 
Sebenarnya saya buat kue ini bukan untuk di makan. tapi untuk sembayang hiihihihi.. kalau beli kan mahal dan butuhnya itu bukan hanya beberapa buah, tapi kira-kira 30 sampai 40 buah. Jika mama saya beli kue pun, itu biasanya gak di makan. Jadi kan sayang, mending aku buat sendiri, sekalian untuk kesenanggan juga. (*bisik, "aku hobby buat kue")

 Bagaimana? Kapan giliran anda mencoba?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar